Jumat, 07 Juni 2013

BAGIAN 16: BAHAN PENYERAP SINAR ULTRAVIOLET

      Dengan ditemukannya bahan penyerap sinar ultraviolet, kita tidak perlu khawatir lagi dengan bahaya sinar ultraviolet. Bahan tersebut diciptakan melalui teknologi elektromagnetik. Bahan tersebut terdiri dari tujuh lapisan. Lapisan terluar berupa kaca atau plastik yang berfungsi sebagai pelindung. lapisan di bawahnya (kedua) merupakan lapisan oksida yang transparan (bening) bersifat sebagai konduktor. Lapisan ketiga berupa lapisan bahan yang bersifat elektrokromik. Lapisan keempat yaitu lapisan elektrolit dan kelima berupa larutan tempat berkumpulnya ion-ion. Lapisan terakhir kemudian ditutup dengan lapisan oksida dan lapisan kaca yang sama dengan lapisan pertama dan kedua.
      Cara kerja bahan ini yaitu, adanya beda tegangan yang rendah antara kedua lapisan oksida yang membungkus tiga lapisan dalam menyebabkan terjadinya transfer ion positif (anion) menuju lapisan elektrokromatik. Anion ini didorong melalui lapisan elektrolit sehingga sampai dilapisan elektrokromatik. Kegiatan ini menyebabkan terjadinya perubahan karakteristik optis dan sifat termal bahan sehingga bahan dapat menyerap gelombang cahaya tampak sekaligus panas matahari yang menyertainya.
      Penyerapan gelombang cahaya ini menyebabkan kaca jendela menjadi terlihat gelap. Saat aliran listrik dihentikan, anion yang ada di lapisan elektrokromik terdorong keluar melalui elektrolit dan kembali ke tempat  menyimpan ion (tempat semula). Hal itu mengakibatkan kaca kembali menjadi transparan.

1 komentar:

  1. kalau bahan yang dapat memantulkan gelombang elektromagnetik apa mas? misalnya saja gelombang radio Hand phone , atau juga pada antena televisi, saya mau membuat antena sederhana nih :)

    BalasHapus